Minggu, 06 Februari 2011

Ibu Negara Beli Kain Tenun Khas Buton

JAKARTA, KOMPAS.com — Ibu Negara Ani Bambang Yudoyono membeli kain tenunan khas Buton, Sulawesi Tenggara, yang dipamerkan pada Pameran Citra Tenun Indonesia di Jakarta.
Ketua Dekranasda Kabupaten Buton Salmatiah Sjafei di Pasarwajo, Jumat, mengatakan, Ibu Ani yang didampingi Ketua Cita Tenun Indonesia Oke Hata Rajasa membeli tenun yang dipamerkan stan Kabupaten Buton dalam pameran itu.

"Tenun yang dibeli Ibu Ani Yudhoyono adalah kain motif Buton yang dikombinasikan dengan tenun ikat Wakatobi," katanya.

Ia menambahkan, Ibu Ani Yudoyono juga menyempatkan diri untuk berkeliling di stan pameran Kabupaten Buton untuk melihat sejumlah kerajinan Buton yang dipamerkan. "Dia sengat kagum dengan keragaman kerajinan khas Buton tersebut," tambahnya.
 
Salmatiah mengatakan, selain tembus di pasaran Indonesia, kain tenun Buton juga telah tembus di pasar internasional.

"Ini merupakan kerja keras dari pihak Dekranasda Kabupaten Buton. Ke depannya kami akan lebih tingkatkan lagi dengan membina masyarakat Buton yang mempunyai kemampuan dalam membuat kerajinan khas daerah," katanya.

Selain itu, dalam pameran tersebut diperagakan juga kain tenun yang berasal dari Sultra. Khusus Pameran Busana Provinsi Sultra, mereka mempersembahkan kain khas Tolaki, Wakatobi, dan Buton. Peragaan itu dilakukan oleh peragawan nasional.

Sumber  : http://oase.kompas.com/read/2010/08/28/16132693/Ibu.Negara.Beli.Kain.Tenun.Khas.Buton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar